MENEBAR VIRUS ROBOTIKA DEMI MEWUJUDKAN MADRASAH HEBAT DAN BERMARTABAT

Pada awal tahun Ajaran  2019-2020, Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Wathon sebagai Madrasah Robotika mendapatkan kunjungan Tamu dari MTs Al Hikam Diwek Jombang yang ingin belajar Program unggulan "Robotika". Tentunya hal ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi MTs Tarbiyatul Wathon karena memperoleh kesempatan untuk menebar virus Robotika demi mewujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat.

Acara yang dikemas Silaturahmi dan Study Banding tersebut berlangsung santai dan penuh keakraban. Bapak Kepala Madrasah MTs Tarbiyatul Wathon, Faizal Mubarok, dalam pertemuan tersebut, memaparkan latar belakang adanya kegiatan Program Unggulan Robotika di MTs Tarbiyatul Wathon, tahapan-tahapan dalam pembentukan Tim, target pencapaian, tips dan kiat sukses, dan sumber pendanaan.

Dalam paparannya, pak Faiz, menjelaskan bahwa keberadaan kegiatan Robotika ini dimulai sejak tahun 2012, yang sampai saat ini telah mencetak 5 generasi dengan capaian prestasi yang berbeda beda diantara masing-masing generasi. Capaian paling tinggi adalah sebagai juara di tingkat internasional pada Ajang IISRO  2018 dan  KRM  (Kompetisi Robot Madrasah) Tingkat Nasional.

Pak Faiz juga menjelaskan tentang Kiat pembinaan, yaitu, pertama, diawali dengan  workshop untuk mengenalkan siswa akan komponen dan cara merakit robot. Kedua,  pembinaan yang intensif dengan cara pembelajaran teman sebaya yang dilakukan oleh siswa yang telah berprestasi agar tidak terjadi ketergantungan yang tinggi kepada pembina. Ketiga, pembinaan intensif dari pembina yang berkualitas.

Dalam sesi diskusi, perwakilan dari  MTs Al Hikam Jombang bertanya banyak tentang jenis robot yang dipamerkan di meja display, khususnya komponen dan cara pengoperasiannya.

Diakhir kegiatan disampaikan sebuah harapan dari MTs Al Hikam Jombang agar segera dapat mewujudkan hasil  "ngaji" Robotika dengan menerapkannya di MTs Al Hikam.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft