ADAKAN SILATURRAHMI DENGAN WALI SISWA UNTUK MENSINERGIKAN POLA ASUH DAN POLA DIDIK ANAK

      Pada tanggal 26 Maret 2019, MTs Tarbiyatul Wathon menyelenggarakan kegiatan pembagian Rapot hasil Penilaian Tengah Semester sekaligus sekaligus silaturrahmi untuk mensinergikan pola asuh dan pendidikan siswa bersama wali siswa. Meskipun sebenarnya informasi secara rinci nilai siswa dapat diakses melalui program SIAKAD online MTs Tarbiyatul Wathon, tetapi melalui tatap muka langsung dengan wali siswa para wali kelas dapat menyampaikan informasi secara rinci tentang isi laporan hasil belajar siswa selama 3 bulan di semester Genap. Para waki kelas juga dapat memberi masukan kepada wali siswa tentang perkembangan proses belajar siswa di madrasah dikaitkan dengan hasil capain mereka.

       Selain hasil capaian belajar siswa dalam bentuk Rapot, wali kelas juga melakukan diskusi dengan orang tua siswa tentang kegiatan siswa di luar madrasah melalui buku Sambung Rasa. Buku ini memuat catatan kegiatan siswa di luar madrasah, misalnya jam tidur anak, waktu penggunaan hp di rumah, pelaksanaan sholat lima waktu, kegiatan setelah sekolah. Semua kegiatan tersebut harus diketahui oleh orang tua siswa dengan menandatanganinya.

         Melalui buku tersebut, orang tua siswa dapat mengendalikan kegiatan siswa di luar madrasah. Melalui buku ini, orang tua siswa juga dapat berkonsultasi dengan wali kelas tentang pola asuh dan cara mendidik siswa di rumah. Dan, ternyata respon orang tua siswa terhadap adanya buku ini sangat positif sekali. Salah satu orang tua siswa kelas 8 menuturkan "Alhamdulillah , dengan adanya buku ini, anak saya aktif sholatnya."

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft