NILAI SISWA BISA DILIHAT LEWAT HANDPHONE WALI SISWA DIRUMAH

Silaturrahmi dan sambung rasa antara pihak lembaga selaku penyelenggara pendidikan untuk siswa dengan orangtua selaku wali siswa haruslah terjalin dengan harmonis dan terjadi komunikasi yang aktif. Hal tersebut diimplementasikan dengan adanya kegiatan pembagian raport PTS Ganjil 2018/2019 kemarin (1/11). Selain kegiatan pembagian rapot , dalam acara tersebut juga diberikan informasi tentang beberapa program kebijakan madrasah yang menyangkut dengan wali siswa.

            Sebelum dibagikannya hasil belajar siswa selama 3 bulan pertama semester ganjil kepada wali siswa. Lembaga melalui Wk. Humasy, Bapak Mohammad Lazim, S.Pd. menyampaikan beberapa program kebijakan madrasah seperti adanya buku sambung rasa yang berguna untuk menjadi alat kontrol prilaku siswa dalam kehidupan kesehariannya hingga penyampaian kegiatan dan prestasi siswa yang terbaru seperti adanya grup gambus dan  juara robot internasional di Malaysia.

            Program kebijakan madrasah yang juga disampaikan pada acara tersebut yakni adanya program aplikasi berbasis internet SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) MTs. Tarbiyatul Wathon. Wali siswa/orangtua diberikan wawasan bahwa di MTs. Tarbiyatul Wathon telah menerapkan informasi lembaga berbasis online yang bisa diakses oleh wali siswa melalui HP android nya bapak/ibu wali siswa. Orangtua bisa mengakses informasi nilai siswa/raport, informasi tagihan keuangan hingga berita terbaru yang ada di lembaga bisa dilihat dirumah melalui layar HP-nya.

            Dalam acara tersebut, orangtua/wali siswa mempraktekkan secara langsung bagaimana menggunakan HP-nya untuk mengakses aplikasi online tersebut. Dipandu oleh Bpk. Nurul Milah, S.Pd.I selaku operator IT Mts. Menjelaskan langkah-langkah orangtua untuk melihat secara langsung nilai anaknya serta tagihan keuangan siswanya. Diharapkan dengan sistem ini orangtua juga bisa mengontrol dan memotivasi siswa dalam hal belajar dirumah dikarenakan bisa melihat hasil belajarnya secara langsung. Untuk tagihan keuangan juga, orangtua bisa melihat berapa biaya pendidikan yang akan dipenuhi.

            Setelah sosialisi tersebut, wali siswa langsung bertemu dengan wali kelas siswanya masing-masing untuk menerimah hasil belajar siswa (raport). Dalam hal ini, wali kelas juga menyampaikan perkembangan sikap, prilaku serta kebiasaan siswa selama berada di kelas dan madrasah.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft