PEMILU OSIS ONLINE

PEMILU ONLINE

DI OSIS MTs. TARBIYATUL WATHON

 

Hari Bersejarah bagi MTs. Tarbiyatul Wathon baru saja diukir sepanjang perjalanan berdirinya lembaga ini. Pada tanggal 20 September 2017, pesta demokrasi bagi siswa digelar dengan hal yang sangat berbeda. Pemilihan Ketua Osis MTs. Tarbiyatul Wathon Campurejo yang baru saja diselenggarakan dengan menggunakan sistem online. Adanya pemilihan osis secara online ini menjadi salah satu kemajuan yang sangat pesat yang dilakukan oleh MTs. Tarbiyatul Wathon. Dari puluhan lembaga di kabupaten Gresik, mungkin hanya di MTs. Tarbiyatul Wathon yang mengadakan sistem pemilihan osis dengan sistem online semacam ini. Memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa yang biasanya memilih ketua osis dengan melakukan pemilihan secara manual/mencoblos, pada tahun pelajaran 2017/2018 ini sudah menggunakan media online dalam menentukan pemimpinnya. Melalui program pemilihan osis online pada laman website : pemilos.mtstawongresik.sch.id. siswa akan memilih ketua osis selama satu periode.

                Dalam website khusus pemilihan osis ini siswa dapat mengakses beberapa menu terkait pemilihan osis seperti menu yang menampilkan profil calon ketua osis mulai dari visi, misi, tujuan dan program kerja masing-masing calon. Dengan begitu, siswa dapat melihat profil masing-masing calon melalui handphonenya masing-masin. Hal tersebut yang memudahkan siswa dalam menentukan pilihannya.Selain itu, ada juga menu tata cara dan jadwal pemilihan. Terlebih lagi dalam website tersebut terdapat grafik hasil pemilihan yang dihitung secara otomatis oleh program tersebut dan diupdate setiap sdua detik sekali. Dengan hal tersbut, komisi pemilihan tidak perlu lagi menghitung suara yang telah masuk dalam proses pemilihan.

Sebelum pemungutan suara serentak dilaksanakan, dua hari sebelum pelaksanaan seluruh siswa-siswi mengikuti kegiatan sosialisasi calon ketua osis sekaligus penyampaian tata cara pemilihan. Seluruh calon ketua osis melalukan orasi/kampanye kepada calon pemilih dengan menyampaikan visi dan misinya. Mereka mencoba mengajak dan meyakinkan calon pemilih untuk memberikan suaranya kepada mereka. Pada hari itu juga disampaikan oleh Bpk. Nurul Milah, S.PdI selaku operator IT tentang tata cara pemilih untuk menyalurkan hak suaranya pada saat hari pemungutan suara.

Ketika hari pemungutan suara, komisi pemilihan osis menyiapkan tempat pemungutan suara (TPS) dengan menyediakan 5 buah laptop yang sudah terhubung dengan akses internet sebagai media penyaluran suara. Siswa dan siswi yang akan memilih diharuskan membawa kartu nomor induk dan password yang akan digunakan untuk log in kedalam website pemilhan osis (pemilos). Secara bergiliran siswa dan siswi memberikan suaranya dengan didata terlebih dahulu sebelum memilih oleh petugas. Wajar saja dalam pemilihan siswa siswi sedikit mengalami kendala dalam menyalurkan hak suaranya dikarenakan jaringan internet yang terkadang ngadat serta program pemilhan online ini baru diselenggarakan pertama kali dan siswa juga belum seluruhnya memahami tata cara pemilihan. Namun dengan adanya petugas dari pembina osis untuk membantu para pemilih sehingga hambatan tersebut dapat teatasi dengan baik.

Selama 3 jam pemungutan suara ini berlangsung dan diakhir pemilihan secara otomatis dapat diketahui. Dalam menu grafik hasil pemilihan menunjukkan untuk calon putra Mohammad Rizki Syahrur Ramadhan mendapatkan perolehan suara yang sangat dominan dengan 126 suara (60,4%) sebagai peringkat pertama, diurutan kedua Fathul Azizat mendapatkan 49 suara (23, 3%) dan Mohammad Ifan Aunillah diperingkat ketiga dengan 34 suara (16,3 %). Sedangkan untuk calon putri peringkat teratas diduduki oleh Ashlihatul Ahliyah dengan 90 suara (40,0%), Oktasya Nurul Izzah menyusul diperingkat kedua dengan 66 suara (31,6%) dan diperingkat ketiga Faiqotul Himmah dengan terpaut sedikit dengan 53 suara (25,4%).

Dari hasil tersebut pada tanggal 25 September 2017 yang lalu, ketua terpilih, sekretaris dan bendahara serta seluruh susunan sekretaris bidang dilantik oleh Majelis Pembimbing Osis Bpk. Mohammad Faizal Mubarok, M.Pd. dalam upacara pelantikan yang begitu khidmat. Disaksikan oleh seluruh siswa MTs. Tarbiyatul Wathon , MPK dan Pengurus Osis terpilih diambil sumpah prasetianya. Dalam upacara pelantikan tersebut juga dilakukan penandatanganan surat serah terima jabatan ketua osis lama Eko Abdurrahman M. Kepada ketua osis baru M Syahrur Rizki Ramadhan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan oleh Noviyatul Laili sebagai wakil ketua osis lama kepada wakil ketua osis baru Ashlihatul Ahliyah. Semoga pengurus Osis tahun pelajaran 2017/2018 akan semakin baik dan maju dalam menjalankan roda organisasi selama satu periode. Amin.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft