Supervisi Pembelajaran Sebagai Langkah Strategis untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

 

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dalam satuan pendidikan atau Madrasah dapat dilakukan melalui kegiatan Supervisi Pembelajaran. Pada hakikatnya, Supervisi Pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan teknis dan bimbingan kepada guru agar mampu meningkatkan kualitas kinerjanya, terutama dalam melaksanakan tugas, yaitu melaksanakan proses pembelajaran.

Kegiatan supervisi pembelajaran di MTs Tarbiyatul Wathon pada tahun ajaran 2021-2022 dilaksanakan mulai bulan Januari sampai dengan Maret 2022 dengan sasaran guru satmingkal MTs Tarbiyatul Wathon. Kegiatan supervisi pembelajaran mencakup Supervisi Perencanaan Pembelajaran, Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran dan Supervisi Penilaian Pembelajaran. Pada pelaksanaan supervisi pembelajaran kali ini, semua kegiatan supervisi didokumentasikan dalam bentuk video untuk selanjutnya diunggah di akun resmi YouTube Madrasah.

Sebelum kegiatan supervisi dilaksanakan, para bapak dan ibu guru diharuskan untuk mengikuti workshop penyusunan perangkat pembelajaran dan penggunaan media berbasis IT. Hal ini dilakukan untuk memberikan mereka wawasan terkait dengan materi penyusunan RPP. Disamping itu, dengan mengikuti workshop penggunaan media pembelajaran berbasis IT, para bapak ibu guru diharapkan terampil dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT.

Pada pelaksanaan supervisi tahun ini, dari 9 guru sasaran, terdapat 2 guru yang dalam kegiatan supervisi langsung disupervisi oleh pengawas madrasah bersama bapak Kepala Madrasah. Sementara lainnya, disupervisi oleh Tim Supervisi internal madrasah yang melibatkan Kepala Madrasah dan guru senior. Sebagaimana yang dituturkan oleh bapak Kepala Madrasah, Mohammad Faizal Mubarok,, " Kegiatan Supervisi Pembelajaran kali ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Pada tahun pelajaran 2021-2022, kegiatan supervisi ini melibatkan Kepala Madrasah, Pengawas dan 3 guru senior".

Respon positif ditunjukkan oleh para bapak ibu terkait dengan pelaksanaan supervisi. "Kegiatan supervisi ini sangat bermanfaat sekali. Dengan menerapkan model saintifik dalam kegiatan pembelajaran dapat mengurangi dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan partisipasi aktif para siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Al Qur'an Hadits" Tutur Bu Hj. Mas'ulah pengampu mata pelajaran Qur'an Hadits. Sementara itu, Bu Emy selaku pengampu mata pelajaran Seni Budaya menuturkan, "Awalnya membuat RPP itu terasa berat. Perasaan takut salah dan takut kurang bagus itu salah satu penghambatnya. Namun, setelah mendapat pengarahan dan tambahan ilmu dari kegiatan workshop, sedikit demi sedikit RPP pun jadi."

Pada kesempatan lainnya, pak Musthofa, guru Pengampun IPS menuturkan kesannya saat pelaksanaan supervisi " Dalam melaksanakan supervisi pembelajaran kali ini saya menyiapkan dengan sangat baik. Sempat juga merasa dag dig dug. Hal itu terjadi karena supervisi kali ini langsung dihadiri oleh bapak pengawas madrasah. Pak Mus, sapaan akrabnya, juga menambahkan "Meskipun berat dalam menjalani kegiatan ini, kegiatan supervisi pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajarannya. Para peserta didik juga terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas selama kegiatan supervisi".

 

Link Video Supervisi Pembelajaran

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft