PERINGATI HARI IBU: MTS TARBIYATUL WATHON ADAKAN KEGIATAN PARENTING

Pada tanggal 22 Desember 2021, bersamaan dengan peringatan hari ibu, MTs Tarbiyatul Wathon mengadakan kegiatan parenting dengan menghadirkan Trainer Parenting Nasional, yaitu, bapak Khoirun Nasik, S.HI., M.HI. Sasaran dari Kegiatan ini adalah peserta didik dan orang tua siswa.. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk menyamakan kesepahaman tentang bagaimana pola asuh anak yang terbaik sehingga diharapkan akan muncul sinergitas hubungan antara orang tua dan anak yang dampak akhirnya akan menjadikan anak anak yang sholeh dan sholehah.

Dalam penyampaian materinya, pak nasik mengajak kepada orang tua untuk memberikan tauladan yang baik terhadap putra putrinya dimulai dengan kegiatan yang paling sederhana, contohnya membuang sampah pada tempatnya. Pak Nasik pada kesempatan itu juga mengajak orang tua siswa untuk mendoakan anak anaknya dengan memandu para orang tua, meminta anak untuk duduk berhadapan dengan orang tuanya sampai masing masing lututnya bersentuhan. Selanjutnya, para siswa diminta untuk sungkem kepada orang tuanya sehingga posisi kepala mereka tepat di bawah kepala orang tua mereka. Kemudian, orang tua mendo'akan anak anaknya sambil mencium kepala anaknya. Mereka membacakan surat Al Fatihah yang dipandu oleh pak Nasik, lalu membacakan do'a harapan dari orang tua. Tidak sedikit dari para orang tua yang meneteskan air mata pada kegiatan ini.

Di bagian lain, anak anak diminta untuk menuliskan rencana mereka untuk membahagiakan orang tua mereka. Dalam tulisan mereka, ada yang ingin membangunkan rumah untuk orang tuanya, ada yang ingin membelikan orang tuanya sepeda motor, ada yang ingin memberangkatkan umroh orang tuanya. Para orang tua sangat terharu akan rencana para anak anaknya dan mendo'akannya semoga terkabul keinginannya.

Dalam kegiatan ini, pak Nasik menyampaikan materi parenting dengan sangat menarik. Pak Nasik tidak melulu menyampaikan materi dengan berceramah, sesekali beliau selingi dengan ice breaking sehingga penyampainnya tidak membosankan. Para orang tua tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Di akhir kegiatan, beberapa orang tua menyampaikan bahwa kegiatan parenting ini sangat baik dan bermanfaat bagi orang tua. "Saya baru kali ini, bisa memeluk anak saya dengan sangat lama dan sampai menitikkan air mata" tutur salah satu orang tua.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft