Character Building for Student (CBS) MTs Tarbiyatul Wathon

Character Buiding for Studing (CBS) merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun untuk membekali siswa baru yang telah menempuh pendidikan di Lembaga MTs Tarbiyatul Wathon. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas VII yang berjumlah 52 siswa didampingi oleh bapak/ibu wali kelas dan pembina,  dengan tujuan untuk membentuk karakter siswa yang disiplin, rajin, mandiri dan bertanggung jawab.

 Kegiatan Caracter Buiding for Studing (CBS) dilaksanakan pada tanggal 12 sampai 14 November 2019 di TSOT (The Survival Outbound Team) Prigen Psuruan. Siswa berangkat dari Madrsah pada pukul 07.00 WIB dilepas langsung oleh kepala Madrasah Bapak Faizal Mubarok, M,Pd. Seusai sholat dhuhah dan hajat berjama’ah. Selama tiga hari siswa diberi berbagai macam kegiatan mulai dari pembekalan materi sampai permainan atau outbond yang dipandu oleh trainer-trainer dari TSOT. Kegiatan dilaksanakan mulai pagi sampai malam.

 Pada hari pertama siswa mendapatkan materi tentang public speaking, disini siswa diajarkan bagaimana caranya supaya mempunyai kepercayaan diri saat tampil didepan umum. Siswa langsung disuruh praktek untuk berbicara didepan teman-temannya. Selain public speaking para siswa juga mengikuti ESQ (Emotional Spritual Quotient) kegiatan ini bertujuan supaya tercipta hubungan yang seimbangan antara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhan. Sehingga dalam kegiatan ini siswa diberi pemahaman akan pentingnya berbakti kepada orang tua karena ridho Allah terletak pada ridho orang tua. Dan ditutup dengan materi motivasi, para siswa diberi materi dengan pemutaran video motivasi dengan tujuan untuk lebih semangat lagi dalam belajar dan meraih kesuksesan.

 Pada hari kedua saat pagi hari setelah senam bersama, para siswa mengikuti kegiatan outbound rally disini anak-anak dilatih bagaimana bekerjasama yang baik dan saling bertoleransi antar anggota kelompok. Setelah outbound anak-anak melakukan kegiatan flying fox , disini anak-anak dilatih keberaniannya dan melepaskan beban yang ada pada dirinya. Pada sore harinya para siswa diberi materi tentang etika tujuannya memberikan pemahama bahwa etika sopan santun baik di sekolah maupun di luar itu sangat penting untuk kehidupan, diharapkan para siswa mampu menjaga etika sopan santunnya. Selain itu, para siswa juga mendapat materi tentang kepemimpinan.

 Pada malam hari setelah malam inagurasi para siswa melaksanakan kegiatan hypnoteraphy, kegiatan ini anak-anak direlaksasi terlebih dahulu kemudian akan dibuat “seperti tertidur” dalam kondisi ini anak-anak diberi sugesti baru untuk ditanamkan sehingga dijadikan pemahaman dalam pikiran bawah sadar, dalam hal ini para siswa disugesti bahwa belajar adalah hal yang sangat penting dan meraih kesuksesan nantinya akan membahagiakan orangtua dengan segala prestasi yang kita peroleh. Sehingga diharapkan para siswa lebih bersemangat lagi dalm belajar dan meraih prestasi untuk membahagiakan orangtuanya.

 Diharapkan dengan adanya kegiatan Caracter Buiding for Studing (CBS) ini menjadikan siswa MTs Tarbiyatul Wathon yang penuh semangat dalam hal belajar dan mempunyai kedisplinan tinggi, mandiri dan bertanggung jawab dalam segala hal serta mempunyai sikap toleran terhadap warga Madrasah.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft