Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS MTs Tarbiyatul Wathon

Latihan dasar kepemimpinan siwa (LDKS) merupakan sebuah bentuk kegiatan peningkatan sumber daya siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi serta melatih kedisiplinan dan kekompakan. Di MTs Tarbiyatul Wathon kegiatan LDKS dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MTs Tarbiyatul Wathon masa abdi 2019-2020 yang telah dilantik sebelumnya. Tujuan diadakannya kegiatan LDKS di MTs Tarbiyatul Wathon ini adalah sebagai media untuk membentuk karakter kepemimpinan siswa dan sebagai sarana untuk menyusun program kerja OSIS, serta untuk pembelajaran mengatur sistem keorganisasian yang baik.

 Dalam pelaksanaannya kegiatan LDKS dibuka dengan kegiatan senam bersama di halaman Pondok Tarbiyatul Wathon, kemudian para peserta LDKS melaksanakan bersih lingkungan halaman Sekolah dengan didampingi panitia dan pembina. Setelah halaman bersih, para peserta diberi waktu untuk istirahat untuk sarapan dan bersih diri. Setelah istirahat selesai, para peserta masuk ke dalam ruang LDKS untuk mendapatkan materi-materi yang berkaitan dengan organisasi.

 Materi yang pertama tentang manajemen organisasi yang disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah Bapak Mohammad Faizal Mubarok, M.Pd, pada materi ini peserta diberi motivasi untuk mampu membuat program yang inovatif. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua yaitu tentang program kerja dan proposal kegiatan yang disampaikan oleh Ibu Emy Fitriyatun Nisa’, S.Hum, pada materi ini para peserta langsung dibimbing mengadakan pleno untuk merumuskan program kerja serta membuat proposal sesuai dengan proker yang sudah disusun. dan dilanjutkan dengan materi yang ketiga yaitu tentang penganggaran dan laporan keuangan oleh Ibu Elwin Syahputri, pada materi ini pemateri memberikan blanko untuk melatih peserta membuat anggaran biaya kegiatan.

 Setelah materi tiga selesai, para peserta diberi waktu istirahat untuk  jama’ah sholat dhuhur dan makan siang secara bersama-sama. Sebelum kegiatan ini selesai, para peserta melaksanakan permainan dinamika kelompok yang dipimpin oleh panitia. Dalam pelaksanaan LDKS ini para peserta sangat antusias dalam mengikutinya mulai dari awal sampai akhir. Kemudian, kegiatan LDKS ini ditutup oleh Ibu Emy Fitriyatun Nisa’, S.Hum. selaku Dewan Pembina OSIS, dan berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga akhlaknya baik di luar maupun di dalam Madrasah karena sebagai pengurus OSIS mereka menjadi contoh untuk siwa lainnya.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft