Pemilihan OSIS MTs Tarbiyatul Wathon dengan Sistem E-Voting

MTs Tarbiyatul Wathon melaksanakan pemilihan ketua OSIS masa abdi 2019-2020 pada hari sabtu, 21 September 2019 yang bertempat di laboratorium komputer. Pemilihan OSIS ini memanfaatkan tekhnologi berbasis onilie (e-voting), dengan mengedepankan transparansi serta mampu menghemat biaya kertas dan waktu. E-voting  ini bertujuan untuk mengenalkan kepada para siswa tentang sistem demokrasi langsung yang transparan, serta mampu menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin.

 Sebelum para siswa menyuarakan hak pilihnya, para siswa diberikan user name dan password untuk login ke aplikasi. Pemilihan dilaksanakan perkelas dengan bergantian masuk ke ruangan laboratorium komputer. Setelah para siswa log in selanjutnya mereka cukup hanya mengeklik gambar calon ketua OSIS. Setiap siswa berhak memilih 1 calon putra dan 1 calon putri. Dengan sistem e-voting ini hasilnya pun lebih akurat, karena selesai  pemungutan suara langsung bisa diketahui hasil pemilihan OSIS tersebut.

 Dari hasil perhitungan suara melalui sistem e-voting dengan jumlah pemilih 193 siswa yang tidak hadir 6 siswa. Terpilihah Mohammad Zian Fachri sebagai ketua OSIS putra dengan perolehan suara sebanyak 133 (56 %) suara dan Nur Azizah sebagai ketua OSIS putri dengan perolehan suara sebanyak 112 (48%) suara, yang keduanya dari kelas 8b.

 Pengurus OSIS yang terpilih selanjutnya dilantik oleh Kepala Madrasah (Majelis pebimbing Osis) pada tanggal 26 September 2019. sebanyak 38 pengurus harian OSIS beserta MPK mengucapkan sapta prasetia dihadapan dewan pembina dan seluruh aktivis OSIS. setelah pelantikan, diadakan serah terima jabatan. dalam sambutanya, ketua OSIS baru, Moh. Zian Fakhri meminta dukungan dari para aktivis OSIS untuk mendukung program kerja OSIS sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya

 

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft