TRADISI KHOTAMAN QUR’AN JUM’AT LEGI

Khotmil Qur’an merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan lembaga MTs Tarbiyatul Wathon setiap bulan sekali yakni setiap jum’at legi. Khotmil qur’an ini dilaksanakan di Mushollah Pondok Pesantren Tarbiyatul Wathon mulai pukul 05.30 WIB sampai selesai yang dipimpin oleh bapak H.Moh. Najib, S.Pd.I., setiap siswa siswi membaca satu juz  dengan cara bi al-nadhar  (membaca) dan didampingi oleh wali kelas masing-masing.

 Dalam pelaksanaannya sebelum siswa siswi membaca al Qur’an terlebih dahulu imam membaca al fatihah untuk bertawasul kepada Nabi Muhammad, para sahabat, ulama dan guru-guru yang telah mendahului kita. Setelah selesai, siswa siswi melanjutkan dengan membaca al Qur’an sesuai dengan pembagian juz yang telah dibagi oleh wali kelas.

 Setelah semua siswa sisiwi selesai membaca al Qur’an, dilanjut membaca surat-surat pendek mulai dari surat at takatsur sampai surat an nas secara bersama-sama.  Kemudian imam menutup kegiatan dengan membaca doa khotmil Qur’an.

 Kegiatan Khotmil Qur’an ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketqwaan siswa sisiwi MTs Tarbiyatul Wathon, disamping itu melestarikan khotmil Qur’an di lembaga Madrasah. Dengan diadakannya kegiatan khotmil Qur’an yang diadakan secara rutin setiap Jum’at legi ini diharapkan dapat memberikan sentuhan suasana dan semangat keagamaan yang kental di lembaga MTs Tarbiyatul Wathon.

© Hak Cipta 2024 MTs Tarbiyatul Wathon Gresik - Semua hak dilindungi

Dikembangkan oleh : Anggasoft